Senin, 19 November 2018

Tutorial Membuat Kwitansi di Microsoft Excel (Rumus Terbilang)

Microsoft Excel dengan kemampuan mengolah data yang cepat dan akurat seperti melakukan penjumlahan dengan fungsi matematika. Microsoft excel juga mampu melakukan pemilihan data dengan fungsi referensi lookup dan fungsi logika. Salah satunya manfaat dari fungsi-fungsi pada Microsoft Excel dapat diaplikasikan di pembuatan kwitansi pemerintahan.

Beberapa kendala yang dihadapi ketika membuat kwitansi adalah pada angka terbilang. Beberapa aplikasi kwitansi dibuat dengan menyertakan workbook untuk angka terbilang dinilai tidak efektif. Ada cara yang lebih efektif dengan membuat atau mendefinisikan sendiri fungsi terbilang pada excel dengan membuat package excel add on.

Kali ini tutorial Microsoft Excel akan memberikan aplikasi contoh dari penggunaan Aplikasi VBA Ms.Excel yang berfungsi untuk mengubah data dari angka ke nilai angka terbilang.

Tutorial Membuat Kwitansi di Microsoft Excel (Rumus Terbilang)

Sebelumnya anda harus mendownload Aplikasi Microsoft Excel macro terbilang DISINI.

Setelah itu lakukan perintah di bawah ini :

Setelah melakukan donwnload aplikasi makro maka bukalah aplikasi Microsoft Excel kemudian klik pada office button. kemudian klik tombol excel option.

Tutorial Microsoft Excel


Kemudian pilih menu Add ins lalu klik tombol Go

Tutorial Microsoft Excel Kuintasi dengan angka terbilang


Lalu browse dan pilih file terbilang.xlam yang tadi anda letakkan

ExcelOption3


Kemudian centang pilihan terbilang lalu klik OK

Tutorial Microsoft Excel Kuintasi dengan angka terbilang

Pada tahap ini file atau modul VBA terbilang.xlam telah ada di aplikasi Microsoft Excel anda. Anda tinggal menggunakan Fungsi terbilang. Cara menggunakan fungsi terbilang lihat gambar di bawah ini.

Tutorial Microsoft Excel Kuintasi dengan angka terbilang

Pada kasus di atas, nilai angka ada pada cell B5, untuk terbilang ada pada C5 dan seterusnya. Untuk menggunakan fungsi terbilang ketiklah pada cell C5 =terbilang(B5). Untuk menghasilkan kata rupiah pada akhiran, anda dapat menggabungkan fungsi terbilang dengan fungsi text dengan mengetikkan pada cell C5 =CONCATENATE(terbilang(B5), ” “, “rupiah”).

Gambar di atas adalah contoh penggunaan fungsi terbilang yang telah anda download dan anda masukkan sebagai fungsi di Microsoft Excel. Untuk format penulisan kwitansi anda dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Anda juga dapat membuat fungsi – fungsi lainnya dengan memanfaatkan module VBA microsoft Excel. Sekian Tutorial Microsoft Excel kali ini semoga bermanfaat.

Subscribe to this Blog via Email :